Sunday, September 16, 2018

5 Langkah Jitu Memulai Bisnis Apapun


Memulai sesuatu apapun itu sangat sulit sekali. Terlebih lagi memulai bisnis. Diperlukan banyak faktor untuk bisa memulai bisnis.

Dari pengalaman kami, paling tidak ada 5 langkah yang harus ditentukan dalam memulai bisnis baik bisnis Online maupun Bisnis Offline.

Berikut kelima hal tersebut :

1. Tentukan Ide Produk Yang akan Dibisniskan


Kelihatannya memang mudah, ternyata dalam menentukan ide ini adalah hal pertama yang paling sulit. Dalam memilih produk jangan asal saja, coba dipikirkan terlebih dahulu elemen-elemen pendukung produk tersebut, misalnya bagaimana proses produksinya, cari bahannya sulit apa tidak, suppliernya ada apa tidak, ekspedisinya bisa kirim apa tidak, yang terakhir sesuai dengan hobi kita apa tidak .

Faktor yang paling akhir biasanya saya dahulukan dalam menentukan ide bisnis. Karena jika bisnis itu adalah hobi kita maka kita akan enjoy dalam menjalankannya. Jadi tidak terburu-buru dapet profit banyak dulu, yang penting pertama hobi sudah tersalurkan melalui bisnis yang kita jalani. Selebihnya profitlah harapa kita.


2. Siapkan mental bisnis kita


Banyak orang yang belum begitu paham dengan bisnis, namun mereka sudah berani mencoba menjalaninya, dan akhirnya yang terjadi adalah kegagalan. Tapi tidak apa-apa untuk menjadi sukses memang harus gagal dulu. hehehee........

Yang kami maksud mental disini adalah mental baja, tahan malu, tidak mudah menyerah, terus maju, berani mencoba, moncoba lagi dan lagi, selalu berinovasi, dan cerdas dalam menangkap peluang.

Untuk pemula biasanya diuji pada tahanan mental malu. Ia malu memang jika pertama kali, namun jika kamu sukses menjalaninya itulah yang akan membuat kamu semakin percaya diri dan bangga.
Tidak mudah memang tapi tetap harus dicoba. Ga ada kesuksesan sama sekali jika kamu tidak mau gagal dan mencicipinya.

3. Siapkan Modal 


Modal ada dua macam :

  1. Modal sendiri 
  2. Modal dari bank 

Semua modal itu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Yang pertama 


jika Anda adalah pemula mendingan pakai modal sendiri, itu akan meminimalisir resiko kerugian yang panjang. Namun dengan catatatan kalua punya uang lo ya.... hahhaa.a... kalau tidak punya uang ya harus pakai modal yang kedua.

Keuntungan jika menggunakan modal sendiri itu tenang dalam menjalankan bisnis, karena tidak menanggung resiko mengembalikan uang kepada Bank atau yang lain, namun jangan terlalu terlena dan jangan punya pikiran kalau " wah ni uang-uang saya sendiri mau habis atau rugi santai sajalah kan masih awam " itu cara berpikir yang salah menurut kami.

Hilangkan berpikiran seperti itu, itu adalah momok kecil yang akan menjadi besar yang bisa membuat bisnis kita bangkrut.

Kekurangan jika membuat modal sendiri adalah kita mudah terlena, dan mudah menyerah karena uang kita sendiri dan tidak berpikir untuk mengembalikan ke bank.

Yang kedua 


Jika menggunakan modal dari bank, kita harus benar-benar hati hati dalam menjalankan bisnis. Uang yang kita belanjakan harus benar-benar melalui perhitungan yang matang (maaf matang bukan berarti pelit) ini sudah ranah bisnis bukan ibadah jadi beda bahasany ya....

Keuntungan jika menggunakan modal dari bank adalah unsur kehati-hatian dan tidak sembrono dalam menggunakan uang kita. Hal tersebut akan lebih mendorong bisnis kita lebih ke arah maju jika dibanding modal yang pertama.

Sedangkan kekurangannya adalah kita akan sedikit terusik dengan pikiran untuk mengembalikan uang kita baik dengan cara bulanan atau metode kridit lain. Rasa cemas akan kerugian dan kegagalan kita dalam menjalankan bisnis akan selalu ada. Namun percayalah itulah yang membuat kita lebih kuat.

4. Tentukan terget marketnya 


Target market adalah pasar kita. Ibarat petani itu adalah sawah kita. Tentukan target market yang sesuai dengan produk kita misalnya jika produk kita adalah sepatu cewek maka perluaslah target market ke arah live style yang ada hubunganya dengan cewek.

Produksi barang yang tidak hanya untuk cewek, perluaslah jangkauan target market kita dengan membidik segmen cowok, anak-anak, dewasa maupun remaja. Hal itu yang akan membuat produk kita lebih laris dipasaran dibandingkan jika hanya memiliki 1 targt market saja.

5. Cari spot lapak yang bagus 



Maksud kami jika bisnis anda adalah bisnis offline, Anda harus mencari lokasi toko / kantor / workshop yang sangat strategis. Penempatan merupakan salah satu hal utama yang bisa mnentukan maju tidaknya sebuah bisnis.

Lakukan survey ke beberapa tempat yang sesuai dengan target market kita. Misalnya jika usaha adalah jasa printing carilah spot yang berdekatan dengan universitas, kantor, dan sekolah2 yang besar dan ramai.

Jika usaha Anda bergerak dibidang kuliner maka carilah tempat-tempat yang ramai namun memiliki kesejukan dan kenyamanan dalam menikmati makanan tersebut.

Lakukan survery terlebih dahulu ke beberapa tempat yang akan dijadikan sebagai toko atau tempat usaha kita. Tidak harus tempat sendiri, jika harus kontrak atau sewa ya kita lakukan. yang penting sesuai dengan pangsa pasar atau target marketnya.


Wassalam
Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment

  Alamat Blog :   IDENTIFIKASI WUJUD WACANA PADA MEDIA TULIS DAN AUDIO VISUAL AINUN ...